Sabtu, 02 April 2016

5 Penemuan Benda Purbakala Yang Gegerkan Dunia


Apa yang ada di benak Anda, jika mendengar kata purbakala? Pasti hanya benda zaman dahulu seperti, barang antik dan tengkorak saja. Tapi, beberapa arkeolog Dunia pernah menemukan objek yang tidak lazim dan mencengangkan saat melakukan penggalian pada situs purbakala. Apa sajakah itu, dan seperti apakah benda tersebut. 

Berikut 5 Penemuan Benda Purbakala Yang Pernah Gegerkan Dunia :


1. Kuburan Tanpa Kepala Bangsa Viking


gambar 5 Penemuan Benda Purbakala Yang Pernah Gegerkan Dunia

Para arkeolog tercengang dengan penemuan situs purbakala yang ada di Bukit Ridgeway, Dorset, Inggris. Karena di bukit tersebut, tersembunyi sebuah kuburan massal yang diyakini berisi banyak tengkorak bangsa Viking. Ada hal yang lebih mengejutkan lagi, ternyata 54 tengkorak yang ada di kuburan massal tersebut dalam keadaan yang mengerikan, yaitu semua kepala korban terpisah dari tubuhnya.

gambar 5 Penemuan Benda Purbakala Yang Pernah Gegerkan Dunia

Keberadaan kuburan massal tersebut diperkirakan sudah ada sejak tahun 970 -1025 masehi. Sebuah asumsi berkembang tentang mengapa terpisahnya kepala para Viking dari tubuhnya, hal itu karena para Viking mendapat serangan brutal dari musuhnya, namun para arkeolog memiliki pendapat lain. Para arkeolog meyakini ada kemungkinan, jika bangsa Viking telah diculik dan dikorbankan dalam sebuah ritual oleh kelompok lain.


2. Mumi Berteriak


gambar 5 Penemuan Benda Purbakala Yang Pernah Gegerkan Dunia

Dari sekian banyak mumi yang ada dan pernah ditemukan di Mesir ada satu mumi yang paling menakutkan. Mumi ini ditemukan di Kairo pada tahun 1886, tersebut sempat membuat geger dunia, karena sewaktu mumi ini ditemukan keadaannya sungguh mengerikan, yaitu mulut menganga seperti sedang berteriak kesakitan. Jika dilihat dari kondisi mumi saat ditemukan maka oleh penemu dinamakan mumi teriak.

Mumi teriak ditemukan oleh Kepala Egyptian Antiquities Service, Gaston Maspero. Saat ia melakukan penggalian, dengan tidak sengaja menemukan sebuah peti mati yang bentuknya tidak lazim. Saat dibuka, terlihat ada sesosok mumi yang diselimuti dengan menggunakan kulit domba. Padahal dalam kepercayaan masyarakat Mesir kuno, kulit domba dianggap tidak bersih. Tidak ada informasi mengenai siapa mumi yang ada di peti mati tersebut. Jika dilihat dari Pose mumi tersebut, seolah-olah ia sedang berteriak dan menimbulkan banyak spekulasi atas penyebab kematian mumi tersebut. Mulai dari mati karena diracun, dibakar hidup-hidup, hingga mati disiksa. Karena tidak ada informasi tentang mumi itu, maka objek ini diberi nama Unknown Man E.


3. Kaki Burung Raksasa


gambar 5 Penemuan Benda Purbakala Yang Pernah Gegerkan Dunia

Penemuan benda purbakala yang gegerkan dunia selanjutnya terjadi pada tahun 1986, saat sekelompok para arkeolog menemukan sebuah kaki burung dengan ukuran yang besar pada sebuah gua yang ada di Gunung Owen, Selandia Baru. Penemuan ini cukup mencengangkan karena kaki burung tersebut ukurannya tidak lazim dan sangat besar, kaki burung itu nampak masih utuh dengan kuku yang runcing dan tulang yang masih terbalut dengan daging beserta kulit.

Para peneliti dibuat bingung dengan kondisi saat penemuan kaki tersebut, karena masih terlihat utuh, awalnya mereka menduga jika kaki tersebut belum lama terpotong. Namun setelah dilakukan penelusuran yang cukup lama, didapatkan sebuah bukti jika kaki tersebut adalah milik burung Moa yang telah punah sejak ribuan tahun lalu. Diperkirakan jika kaki itu berumur kurang lebih 3000 tahun dan telah termumifikasi dengan sempurna secara alami.


4. Mumi Manusia Tollund


gambar 5 Penemuan Benda Purbakala Yang Pernah Gegerkan Dunia

Penemuan purbakala berikutnya yang mencengangkan dunia adalah Manusia Tollund. Bagi Anda yang belum tahu tentang apa itu Manusia Tollund, saya akan menjelaskan seidikit. Manusia Tollund merupakan mayat manusia yang termumifikasi secara alami. Ada beberapa faktor yang dapat membuat jasad ini menjadi terawetkan secara alami diantaranya adalah rendahnya suhu dan kandungan oksigen, serta tingginya tingkat keasaman pada tanah di daerah tersebut.


gambar 5 Penemuan Benda Purbakala Yang Pernah Gegerkan Dunia

Mumi satu ini ditemukan oleh para arkeolog di kawasan Eropa bagian timur pada sebuah lahan gambut. Mumi tersebut memiliki warna kulit cokelat kekuningan yang mengkilat. Para arkeolog menduga, jika sebelum mati orang-orang ini dibunuh dan dijadikan sebagai sesaji pada ritual meningkatkan hasil panen.


5. Kerangka Tentara Romawi di Terowongan Suriah


gambar 5 Penemuan Benda Purbakala Yang Pernah Gegerkan Dunia

Penemuan berikut ini selain membuat Dunia tercengang, penemuan ini juga menjadi bukti jika perang dengan menggunakan senjata kimia sudah ada sejak zaman dahulu. Benda purbakala yang ditemukan berupa 19 kerangka tentara Romawi yang ada di dalam sebuah terowongan daerah Dura Europos di Suriah. Penggalian ini dipimpin oleh arkeolog bernama Robert du Mesnil du Buisson.

Di dalam terowongan tersebut tim arkeolog menemukan ada sebanyak 19 kerangka manusia yang diduga adalah tentara Romawi. Jasad mereka dalam posisi seakan-akan ingin berusaha kabur dari sesuatu. Setelah dilakukan penelitian yang mendalam, didapatkan bukti jika hampir di seluruh tembok terowongan tersebut terdapat zat belerang dan zat bitumen. Mereka juga memperkirakan, jika dahulu para tentara ini terjebak di dalam terowongan tersebut, yang secara sengaja di aliri oleh gas beracun oleh musuh mereka

0 komentar:

Posting Komentar